Cara Mengatasi Hama Kepiting Sawah

Cara Mengatasi Hama Kepiting Sawah

Belakangan ini para petani dibuat kewalahan dengan adanya hama kepiting sawah atau yuyu. Bagaimana tidak, jenis hama ini sangat merugikan para petani. Hal ini karena kepiting sawah atau yuyu selalu merusak tanaman padi sehingga banyak sekali tanaman yang patah karena telah diserang oleh kepiting ini.

Bukan hanya itu saja, kepiting sawah juga selalu membuat lubang-lubang sebagai tempat untuk ditinggali dan biasanya hama ini akan membuat lubang pada tanggul-tanggul persawahan. Akibatnya banyak sekali tanggul yang rusak akibat ulah kepiting sawah ini. Apalagi mereka selalu datang dalam jumlah yang banyak.

Karena mereka datang dalam jumlah yang sangat banyak, hal ini membuat para petani kewalahan untuk mengatasinya. Namun Anda tidak perlu bingung karena kami akan berbagai cara mengatasi hama kepiting sawah.

1. Memberikan pestisida alami

Sebenarnya ada pestisida alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hama kepiting sawah. Namun pestisida alami dapat merusak ekosistem lingkungan seperti misalnya pencemaran tanah akibat penggunaan pestisida secara terus menerus. Selain itu juga sangat berbahaya karena dapat menyerap pada bagian tanaman yang telah Anda tanam.

Untuk mencegah hal ini, para petani pun berinisiatif untuk membuat pestisida alami untuk mengatasi hama yuyu ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pestisida alami sangat mudah untuk didapatkan dan ada di lingkungan sekitar.

Tetapi bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk membuat pestisida alami maka Anda bisa menggunakan beberapa macam pestisida alami golongan botani dan sintetis seperti Rotenon, Karbofuran, atau Sevin.

2. Manfaatkan Predator Hama Yuyu

Cara mengatasi hama kepiting sawah yang kedua adalah dengan memanfaatkan predator alami hama yuyu. Beberapa predator yang menjadi pemangsa hama kepiting sawah adalah ular bakau, berang-berang, biawak.

3. Membongkar Sarang Hama Yuyu

Cara terakhir yang bisa dibilang paling ampuh adalah membongkar sarang hama kepiting sawah. Ciri-ciri khusus adanya  hama yuyu dalam lokasi penanaman adalah adanya bentuk bolonga atau lubang di bagian tanah. Jika Anda menemukan hama yuyu maka Anda bisa langsung membongkar sarang hama yuyu tersebut.

baca juga : agrobibittanaman.com jual bibit tanaman berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *