Cara Pembuatan Kolam Ikan Koi

Anda ingin membuat kolam untuk budidaya ikan koi? Maka anda wajib mengikuti tips berikut ini,yang mana dengan tips ini mungkin akan membantu anda untuk merealisasikan keinginan anda dalam membangun kolam koi tersebut.

Cara Pembuatan Kolam Ikan Koi

Nah,biasanya memelihara ikan hias  jenis koi ini kebanyakan tidak dipelihara di dalam akuarium,melainkan dibudidayakan dan dipelihara di area kolam,sebab keindahan ikan koi ini akan nampak secara natural ketika berada di kolam besar dengan air yang jernih,hal ini merujuk pada keindahan ikan koi yang terdapat pada bagian punggungnya. 

Ciri Utama Pada Ikan Koi :

●    Ikan koi jenis ikan hias yang sangat senang menggosokkan tubuhnya di area pinggir atau biasa di dasar kolam.

●    Ikan koi  sangat membutuhkan pasokan oksigen dalam jumlah yang begitu melimpah

●    Ikan koi  merupakan ikan hias yang sangat menyukai kolam bertipe arus deras

●    Ikan koi ini memerlukan paparan cahaya matahari secara langsung untuk menjaga keindahan pada sisiknya

●    Ikan koi cenderung lebih menyukai air dengan suhu hangat daripada suhu dingin.

Berikut panduan pembuatan Kolam Ikan Koi :

1. Pemilihan Lokasi

Secara garis besar pembuatan kolam ikan koi ini berdasarkan tata letak atau lokasinya, kolam yang baik untuk budidaya ikan koi ini juga dapat dibedakan menjadi dua macam yakni jenis kolam indoor dan ada juga kolam jenis outdoor. Maksud dari kolam indoor ini adalah kolam ikan koi yang tata letaknya berada di dalam suatu bangunan atau rumah. Sedangkan jenis kolam outdoor adalah kolam yang berada di luar ruangan.

2. Perancangan Desain Kolam

Sampai artikel ini ditulis,setidaknya terdapat 3 buah jenis desain yang masih masif digunakan untuk kolam ikan koi,yang mana 3 jenis itu berdasarkan bentuk, yakni persegi, lingkaran, dan model bebas. Bentuk persegi ini kerap sekali digunakan baik dalam budidaya ikan koi maupun jenis ikan lainnya.

Bentuk persegi ini  diciptakan agar kolam tetap mempunyai style formal. Gaya seperti  ini sangat cocok untuk pelengkap rumah minimalis, modern, dan ruangan untuk keperluan lainnya.

Bentuk persegi ini  diciptakan agar kolam tetap mempunyai style formal. Gaya seperti  ini sangat cocok untuk pelengkap rumah minimalis, modern, dan ruangan untuk keperluan lainnya.

3. Perancangan Sistem Filterisasi

Sebagaimana kolam ikan pada umumnya, jenis kolam koi pun juga perlu dilengkapi oleh beragam sistem filterisasi yang berguna untuk menghasilkan oksigen dan juga menjaga kebersihan air di dalam kolam.

Untuk anda yang ingin membuat kolam koi,sediakan pula untuk sistem filterisasi yang juga dilengkapi dengan dua macam saluran, yaitu saluran untuk air bersih dan juga saluran untuk air kotor.

4. Penentuan Ukuran Kolam

Pada tahap ini, setidaknya anda memerlukan sebuah ketelitian dan juga perhitungan yang begitu matang,agar nantinya kolam yang dihasilkan bisa sesuai dengan rancangan dan juga desain yang anda inginkan.

Adapun kedalaman kolam yang cocok untuk budidaya ikan koi yang cukup ideal adalah kurang lebih sekitar 1 meter untuk jenis ikan koi yang mempunyai ukuran kurang dari 30 cm, lalu kemudian ukuran 1-1,5 meter untuk ikan koi yang berukuran antara 30-50 cm, dan yang terakhir dengan kedalaman lebih dari 3 meter untuk ikan koi yang berukuran lebih dari 60 cm.

Selain itu,terdapat sebuah hal yang mana harus anda perhatikan juga dalam pembuatan sebuah kolam ikan koi,yakni tentang sistem filtrasi yang ada pada kolam ikan koi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *